DI KELAS SAYA SELALU DIEJEK TEMAN-TEMAN

Diasuh Oleh : Tiar Ramon, SH., MH (Advokat/Pengacara)

Assalamualaikum, Wr. Wb

Saya seorang mahasiswa di UNISI ini, saya mempunyai keluhan yang sangat membuat terbebani akan masalah ini. Saya telah mengikuti pelajaran tentang ”HAM”. Saya dan teman-teman mengetahui makna HAM tersebut. Namun yang membuat saya gundah, di dalam kelas saya selalu menjadi bahan ejekan teman-teman saya, walaupun pada awalnya saya santai saja namun makin lama ejekan itu makin membuat saya terganggu, sehingga membuat saya jadi malas masuk ke kelas saya walaupun teman-teman cuma bercanda namun perkataan mereka membuat hati saya sakit.

Jadi saya sangat memohon, berilah saya solusi untuk masalah ini, karena saya merasa terbebani dan membuat saya ”down” karena saya digelari ”wanita….” (maaf pembaca sekalian kata-kata wanita dan seterusnya tidak bisa kami tampilkan karena atas permintaan ybs). Berdasakan hal-hal diatas saya sangat berharap bantuannya. Terima kasih.

(dari I.F).

Jawaban :

Sdr. I.F, terima kasih atas partisipasinya dalam program konsultasi hukum kami ini.

Selanjutnya perlu kami sampaikan, masalah saudara diatas lebih tepat berkosultasi dengan seorang fsikolog, karena ini ada hubungannya dengan kondisi saudara yang mengalami ”down” akibat ejekan teman-teman saudara sehingga berimbas pada malas untuk kuliah. Kami yakin dengan bantuan fisikolog masalah saudara akan lebih teratasi.

Namun demikian karena masalah saudara masuk kedalam kotak konsultasi kami, maka kami coba memberikan tanggapan secara hukum.

Bahwa seharusnya sebagai mahasiswa dilingkungan masyarakat ilmiah (kampus) sikap dan perbuatan yang dilakukan oleh teman-teman saudara tersebut adalah tidak benar. Walaupun dengan alasan hanya bercanda semata. Namun perlu dipahami manusia masing-masing mempunyai batas-batas toleransi yang tidak semua perbuatan dapat dimaklumi. Menghormati dan menghargai sesama dalam hidup bernegara ini adalah penting, terlepas dari adanya kekurangan pada diri masing-masing. Bayangkan jika teman-teman saudara tersebut dalam posisi juga diejek, bagaimana juga perasaan mereka ? Padahal dalam kenyataannya apa yang diejek tersebut faktanya tidaklah demikian, tentu mereka tidak terima ejekan tersebut. Tentu telah terjadi penghinaan/menista.

Dalam hukum kita mengenal kejahatan yang dapat dihukum karena melakukan perbuatan penghinaan. Tentang perbuatan teman-teman saudara diatas diatur dalam pasal 315 KUHPIdana yang berbunyi :

”tiap-tiap penghinaan dengan sengaja yang yang tidak bersifat pencemaran atau pencemaran tertulis yang dilakukan terhadap seorang baik dimuka umum dengan tulisan maupun lisan, maupun dimuka orang itu sendiri dengan tulisan dan lisan, atau perbuatan atau dengan surat yang dikirimkan atau diterimakan padanya, diancam karena penghinaan ringan denagan pidana penjara paling lama empat bulan dua minggu atau denda paling banyak tiga ratus rupiah.

Berdasarkan pasal diatas, jika ada seseorang mengatakan seseorang anjing, babi, bajingan, termasuk juga ejekan yang mengatakan saudara wanita…..dll sebagaimana yang saudara tulis dalam konsultasi ini maka perbuatan tersebut dapat dihukum menurut pasal ini.

Semoga dengan jawaban kami diatas, dapat membantu menyelesaikan permasalahan saudara dan tentunya kami harap saudara dapat kembali bergairah kuliah dan jika teman-teman saudara di kelas masih menjadi beban kami sarankah pindah ke kelas lain sehingga keinginan saudara untuk menuntut ilmu di kampus ini tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Terimakasih.

5 thoughts on “DI KELAS SAYA SELALU DIEJEK TEMAN-TEMAN

  1. Selamat malam ini saya wilson ad a sedikit masalah mohon bantunnya

    Kami di tuntut karna telah membeli barang pencurian , kata pencurinya kalo dia perna menjual ke kami ,tapi kami tidak perna membelinya , jadi kami dituntut karna membeli barang pencurian ,tapi pencurinya tidak ada bukti sama sekali, jadi mau qimna cara menqatasi ini , mohon bantuan nya

    1. Menghukum itu harus ada bukti yang mencari bukti itu penyidik (Polisi) minimal 2 alat bukti yang sah dan keyakinan hakim ketika vonis. Saya sarankan pakai lawyer (Pengacara) dalam menangani perkara saudara.

  2. Selamat malam ini saya wilson ad a sedikit masalah mohon bantunnya

    Kami di tuntut karna telah membeli barang pencurian , kata pencurinya kalo dia perna menjual ke kami, tapi sebenarnya kami tidak tau kalo ad yang menjual barang curian, mereka menuntut kami tanpa bukti jadi apa yang harus kami lakukan?

    1. saudara kena Pasal 480 KUHpidana tentang Penadahan (pertolongan jahat). Dalam hal ini apabila barang yang dicuri tsb ditemukan pada diri atau tempat saudara maka dalam hal ini saudara dapat dihukum. Oleh karena saudara tidak tahu barang tsb barang curian, maka untuk membuktikan perbuatan saudara biasany a adalah barang tsb dibeli dengan harga murah sekali misalnya kalau harga pasarannya Rp. 1000.000 saudara membelinya dengan Rp. 200.000 tetapi apabila ketidaktahuan saudara tsb dengan membelinya masih wajar misalnya Rp. 800.000, biasanya hakim tidak menyatakan bersalah. Tetapi apabila saudara tahu barang tsb barang curian maka walaupun saudara membeli dgn murah tetap dapat dihukum.

Tinggalkan Balasan

