BANTUAN HUKUM SECARA CUMA-CUMA

Diasuh oleh : Tiar Ramon, SH, MH (Advokat/Pengacara)

Assalamualaikum.Wr.Wb.
Begini pak sehubungan telah dikeluarkanya PP No 83 tahun 2008.Dan disahkan tagal 31 juni 2009. Disitu kan menjelaskan tentang persyaratan dan tata cara pemberian bantuan hukum secara cuma-cuma pada masyarakat yg tidak mampu. Yang ingin saya tanyakan disini apa maksud dari PP tentang bantuan hukum secara cuma-cuma kepada masyarakat yang tidak mampu, kusus advokasi?
Sekian dan terima kasih. Wassalamualaikum.Wr.Wb. (ID)

Yth : ID, terimakasih atas partisipasinya dalam rubrik konsultasi hukum ini.

Bantuan hukum pada dasarnya adalah hak dari semua orang yang diperoleh tanpa bayar/cuma-cuma (pro bono publicio). Termasuk bagi masyarakat yang tidak mampu ketika ia berhadapan dengan hukum. Hal ini dijamin dalam UUD RI 1945 Pasal 34 ayat 1 yang berbunyi “fakir miskin dan anak telantar dipelihara oleh negara”. Bantuan hukum itu sifatnya membela kepentingan masyarakat terlepas dari latar belakang, etnisitas, asal-usul, keturunan, warna kulit, ideologi, keyakinan politik, kaya miskin, agama, dan kelompok orang yang dibelanya. Tidak sedikit individu maupun kelompok masyarakat tidak mampu sebagai pencari keadilan “kecewa” kepada hukum karena keadilan yang ia cari tidak didapatkannya hanya karena ia tidak mampu membayar jasa advokat/pengacara dalam rangka menangani dan menyelesaikan masalah hukumnya..
Dengan dikeluarkan PP No. 83 tahun 2008 tentang PERSYARATAN DAN TATA CARA PEMBERIAN BANTUAN HUKUM SECARA CUMA-CUMA
dan sebagai perwujudan pelaksanaan Pasal 22 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat, maka warga masyarakat yang tidak mampu secara ekonomis tidak perlu lagi khawatir tatkala ia berurusan dengan hukum dan bagaimana cara menyelesaikannya baik didalam maupun diluar pengadilan karena dalam PP tersebut telah terjamin hak untuk mendapat bantuan hukum cuma-cuma (tanpa bayar) dari advokat, jika advokat menolak maka akan mendapat sanksi, misalnya diberhentikan menjadikan advokat.
Apa yang dimaksud dengan bantuan hukum cuma-cuma bagi masyarakat tidak mampu tersebut ? Untuk menjawab pertanyaaan ini dapat dilihat dalam pasal 1 (3) PP No. 83 tahun 2008 disebutkan bahwa bantuan hukum secara cuma-cuma adalah jasa hukum yang diberikan Advokat tanpa menerima pembayaran honorarium meliputi pemberian konsultasi hukum, menjalankan kuasa, mewakili, mendampingi, membela, dan melakukan tindakan hukum lain untuk kepentingan pencari keadilan yang tidak mampu.
Selanjutnya dalam Pasal 4 (1) disebutkan bahwa untuk memperoleh bantuan hukum secara cuma-cuma, pencari keadilan mengajukan permohonan tertulis yang ditujukan langsung kepada Advokat atau melalui Organisasi Advokat atau melalui Lembaga Bantuan Hukum.
Selanjutnya setelah ditunjuknya advokat yang memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma maka Advokat tersebut dalam memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma harus memberikan perlakuan yang sama dengan pemberian bantuan hukum yang dilakukan dengan pembayaran honorarium.
Demikian jawaban saya, untuk lebih jelasnya bacalah secara tuntas PP No. 83 tahun 2008. Trims.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s